Senin, 29 Oktober 2018

Begini Loh Cara Mendapatkan Caleg Terbaik

Image result for Strategi MENANG dalam Pemilukada/Pemilu Legislatif

caleg bekasi - Semenjak pertama-tama di buka, jumlahnya orang yang telah mendaftarkan jadi calon anggota legislatif DPRD Jakarta lewat PSI telah sampai 280 orang serta diprediksikan akan selekasnya tembus angka 300 orang. Walau sebenarnya, tempat calon legislatif DPRD yang PSI butuh isi di semua daerah penentuan Jakarta hanya 106 calon legislatif.

Bagaimana sich triknya PSI Jakarta tidak untuk salah memisah calon dengan kompetensi, visi, serta semangat juang?

Semua diawali dari kertas
Prasyarat pertama untuk sah mendaftarkan menjadi calon legislatif telah seperti mendaftarkan sekolah ke luar negeri. Tiap-tiap peminat diharuskan isi online appication lewat web sah PSI. Calon legislatif diharuskan menulis essay yang menuturkan pemikiran atau program kerjanya untuk memberantas KORUPSI serta INTOLERANSI (cukuplah konsentrasi di salah satunya). Tidak lupa, calon legislatif dimina menyertakan CV yang merinci latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta pengalaman berorganisasi dengan singkat serta efisien. CV yang terunggul yg di terima biasanya cukuplah satu sampai dua halaman saja.

Semua dokumen itu mesti komplet sebelum diolah oleh Komite Seleksi Calon legislatif, yang beranggotakan perwakilan pengurus serta anggota PSI Jakarta. Di step seleksi dokumen, hampir 30% dinyatakan tidak lolos bila Komite memandang essaynya tidak memuaskan atau CV nya amburadul!

Penilaian beberapa pakar
Pendaftar yang lolos seleksi dokumen lalu di panggil interviu ke Kantor PSI Jakarta di Jl. Petojo Melintang. Tiap-tiap peserta diharuskan mempersiapkan paparan presentasi serta menuturkan dengan singkat siapa dianya, mengapa maju, serta program favorit apakah yang akan diperjuangkan. Saatnya tidak lebih dari 20 menit, yaitu 5 menit paparan awal serta 10-15 menit bertanya jawab dengan Panitia Seleksi yang beranggotakan beberapa pakar di bidangnya semasing.

Pakar yang disuruh tolong oleh PSI Jakarta untuk memandang beberapa calon legislatif termasuk juga Hasan Nasbi CEO Cyrus Network (konsultan politik), Ade Irawan bekas Koordinator ICW (lSM anti korupsi), Saidiman dari SMRC (konsultan politik), Ani Soetjipto (Dosen Analisis Gender UI), Inayah Wahid (Wahid Institute), serta yang lain.

Pansel memandang apa pendaftar berpedoman nilai-nilai perjuangan yang sama juga dengan PSI, mempunyai visi besar untuk Jakarta, dapat mengkomunikasikan idenya, mempunyai inspirasi kreatif, miliki trek record baik serta profesionalisme di bidangnya, dan apa pendaftar memberikan aura pemimpin pergantian.

Proses interviu direkam serta bisa dibuka live streaming di youtube serta instagram! Ini supaya proses seleksi calon legislatif betul-betul transparan serta akuntabel.

Berapakah banyak yang gugur di step ini? Dari pendaftar yang di panggil interviu, 30-40% gugur di tingkatan interviu pansel!

Pembuktian di lapangan lewat Kampanye Mini serta Uji Publik
Pendaftar yang telah lolos seleksi dokumen serta interviu pansel tidak langsung jadi calon legislatif. Step paling akhir yang perlu dilewati ialah Kampanye Mini. Di sini, beberapa pendaftar dikasihkan tenggat waktu kira-kira sebulan (6 minggu untuk Gelombang Pertama serta 3 minggu untuk Gelombang Ke-2) untuk menghimpun beberapa ratus formulir suport dari masyarakat yang tinggal di daerah penentuan beberapa pendaftar. Sebelum terjun di kampanye sebetulnya, beberapa calon legislatif akan rasakan tantangan-tantangan riil berjumpa serta memberikan keyakinan orang baik di lingkungan terdekatnya, di kampung-kampung, sampai di pelosok Jakarta. Di Gelombang Ke-2, bahkan juga ada prasyarat penambahan yakni pendaftar mesti menghimpun 20 Vlog dari rekan-rekan yang mengatakan suport serta fakta memberi dukungan si pendaftar maju di DPRD Jakarta. Di Gelombang Pertama, yang lolos tingkatan ini cuma 50%.

Lalu di Uji Publik, beberapa calon legislatif akan disandingkan dengan perwakilan pengurus, anggota, dan kontributor PSI yang telah turut patungan rakyat untuk session debat calon legislatif. Tiap-tiap peserta memberi pidato mengenai visi-misi, lalu tanya-jawab oleh moderator, antar calon legislatif, serta pertanyaan dari hadirin. Berikut ruang umum dapat mengevaluasi calon legislatif PSI Jakarta. Beberapa hadirin akan isi quesioner untuk memberi penilaian pada perform serta kelayakan semasing pendaftar menjadi calon legislatif DPRD yang maju lewat PSI.

Menyiapkan caleg yang oke
Sesudah rangkaian tingkatan ini tuntas, baru pendaftar sah jadi calon legislatif PSI Jakarta dengan nomer urut. Nyatanya tidak gampang ya jadi calon legislatif dari PSI Jakarta! PSI Jakarta betul-betul mencari putra-putri terunggul Kota Jakarta untuk maju serta melakukan perbaikan skema.

Akan tetapi, tidak berhenti disana, PSI Jakarta memiliki komitmen untuk selalu mengasah serta menempa beberapa calon legislatif itu lewat rangkaian materi Kaderisasi. Caleg-caleg akan mendapatkan pembekalan dari pakar biaya, tata kota, hukum, serta yang lain supaya mereka memahami benar desas-desus yang berkembang di Jakarta serta jalan keluar apakah yang dibutuhkan.

Kaderisasi ini akan menyiapkan calon legislatif yang hadir dari beberapa latar belakang untuk dididik saat enam bulan penuh sebelum meniti waktu kampanye. Lepas dari tempat mana calon legislatif kita berasal, apakah latar belakang pendidikan serta tugasnya, calon legislatif PSI Jakarta ialah calon dengan persiapan mental, pengetahuan, serta visi yang sangat mantap yang PSI banggakan untuk merepresentasikan masyarakat DKI Jakarta!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *